dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Tingkat Pemahaman Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Hukum Archimedes Kelas VIII SMP Di Desa Bosar Galugur Kecamatan Tanah Jawa TP 2019/2020”. Jenis penelitian ini adalah true eksperimen denganpopulasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP di Desa Bosar Galugur Kecamatan Tanah Jawa. Dengan Teknik Sampling Jenuhdi peroleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII1) dan kelas kontrol kelas (VIII2).Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik dengan bentuk pilihan berganda serta lembar observasi keterampilan proses peserta didik.Hasil analisis data merupakan nilai rata – rata Postes Peserta didik siswa kelas eksperimen = 75,00 dengan Standar Deviasi = 13,385 dan nilai rata – rata postes siswa kelas kontrol = 55,83 dengan Standar Deviasi = 12,880. . Hipotesis penelitian ini diuji dengan uji t dan diperoleh thitung = - 0,271sedangkan ttabel sebesar 2,069 pada taraf α = 0,05 dengan dk = 23 dengan demikian thitung> ttabel yaitu -0,271 > 2,069 berarti hipotesis alternatife atau Ha diterima Ho. Dengan demikian dapat disimpulkan berdasarkan hasil perhitungan diatas bahwa ada Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Koopertife Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap ingkat Pemahaman dan Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Hukum Archimedes Kelas VIII SMP di Desa Bosar Galugur Kecamatan Tanah Jawa TP 2019/2020. | en_US |