Pengaruh Persepsi Dalam Model Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar IPA (Fisika) Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Getaran Dan Gelombang SMP Negeri 1 Lau Baleng Semester Genap T.P 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi dalam Model Discovery Learning terhadap Prestasi Belajar IPA (Fisika) Peserta Didik Kelas VIII pada Materi Pokok Getaran dan Gelombang SMP Negeri 1 Lau Baleng Semester Genap T.P 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah Pra-Eksperimental dengan One Group Pretest-Post-test design. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lau Baleng T.P 2019/2020 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah peserta didik keseluruhan adalah 192 orang peserta didik. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas dengan teknik Purposive Sampling yaitu kelas IX2 sebagai kelas eksperimen. Tes objektif dalam penelitian ini adalah pilihan berganda untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik.
Melihat ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning dapat dilakukan dengan menggunakan uji-t, serta dilakukan pengujian hipotesis pada taraf signifikan = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 32 diperoleh thitung = 34,93 dan ttabel = 1,706 maka thitung > ttabel yaitu 34,93 >1,706. Dengan demikian Hipotesis nihil (Ho) ditolak atau berarti Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Ini berarti dengan diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning pada materi getaran dan gelombang dapat meningkatkan Prestasi belajar Peserta didik SMPN 1 Lau Baleng.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]