Show simple item record

dc.contributor.authorSitorus, Trisanto Saur Mangasi
dc.date.accessioned2021-01-28T04:39:57Z
dc.date.available2021-01-28T04:39:57Z
dc.date.issued2020-09-29
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4921
dc.description.abstractPenerapan pembelajaran TTW dalam pembelajaran materi ajar menulis teks berita sangat penting dilakukan oleh guru. Oleh sebab itu seorang guru harus terlebih dahulu menganalis pola atau sintak yang terkandung dalam model TTW sehingga guru tersebut dapat memahami kegiatn-kegiatan apa yang harus dilaksanakan oleh guru dan murid dalam kelas dan kegiatan-kegiatan tersebut akan menghasilkan pembelajaran yang lebih baik. Jadi, yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah (a) Bagaimana Analisis Penerapan Model Pembelajaran TTW) dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita? (b) Bagaimana ketercapaian tujuan pembelajaran menulis teks berita sebelum penerapan model pembelajaran TTW? (c) Bagaimana ketercapaian tujuan pembelajaran menulis teks berita setelah penerapan model pembelajaran TTW? .Untuk menjawab pertanyaan tersebut diperlukan data.Karena penelitian ini menggunakan metode pustaka maka data yang diperoleh untuk menjawab pertanyaan tersebut hanya data sekunder, yang diperoleh dari berbagai macam buku referensi dan hasil penelitian terdahulu. Data sekunder tersebut dianalisis dengan pengorganisasian data menjadi satu kesatuan, mencari dan menemukan apa yang penting dana apa yang dapat diuraikan, dengan penggunaan reduksi data, penyajian data (display data), verifikasi (menarik kesimpulan). Penelitian ini menghasilkan, bahwa Penerapan model pembelajaran TTW dapat digunakan sebagai dasar penentuan: perencanaan pembelajaran materi menulis teks berita, pola pembelajaran materi menulis teks berita, mendesain/merancang pola pembelajaran secara tatap muka dalam kelas, media pembelajaran dan sumber belajar, metode pembelajaran, sebebelum penerapan model kemampuan TTW dalam pembelajaran materi ajar menulis teks berita, kemampuan murid menulis teks berita hanya meperoleh hasil nilai terendah 34 dan tertinggi adalah 75,5 dengan nilai rata-rata 60,59 dan dikategorikan kurang, penerapan model pembelajaran TTW dapat menghasilkan pembelajaran yang lebih baik terhadap kemampuan murid menulis teks berita daripada sebelum penerapan model TTW. Hal ini dapat terbukti dari hasil penelitian terdahulu sebagai data sekunder dalam penelitian ini, yaitu: diperoleh hasil terendah 64 dan tertinggi adalah 89,50 dengan nilai rata-rata 77,49 dan dikategorikan baik, penerapan model TTW dapat mencapai tujuan pembelajaran materi ajar menulis teks berita.en_US
dc.subjectPenerapan,en_US
dc.subjectModel Tink Talk Write (TTW),en_US
dc.subjectTeks Beritaen_US
dc.titleANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record