PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICITINSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKSEKSPOSISI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana penggunaan model Explicit Instruction dalam pembelajaran dan juga untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran menggunakan model Explicit Instruction serta untuk mengetahui perbandingan hasil belajar penggunaan model Explicit Instruction dan dengan menggunakan model pembelajaran lain dalam pembelajaran menulis teks eksposisi.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library research)dengan bentuk penelitian kualitatif dan pendekatan penelitian adalah kajian isi (content analysis). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka teknik simak. Hasil analisi penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dan dari hasil analisis perbandingandingan penggunaan model Explicit Instruction dengan salah satu model lain, model Explicit Instruction lebih baik itu terbukti dari hasil belajar siswa yang lebih tinggi dengan menggunakan model Explicit Instruction.Penggunaan model Explicit Instructionberpengaruh positif dalam pembelajaran menulis teks ekposisi.