dc.description.abstract | Permasalahan dalam peneliti ini adalah prestasi belajar ekonomi yang belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata pelajaran Ekonomi.
Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan Tahun Ajaran 2020/2021 dengan mengambil populasi sebanyak 33 siswa, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 44 siswa.Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa melalui uji t (parsial) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Disiplin belajar terhadap prestasi mata pelajaran ekonomi siswdengan perhitungan t_(hitung )= 8,280 > t_(tabel )=1,692 dengan nilai signifikansi, 0,000 ≤0,05. Dan ada pengaruh positf yang signifikan antara Lingkungan belajar terhadap prestasi mata pelajaran ekonomi dengan perhitungan t_(hitung )= 5,143 < t_tabel = 1,692 dengan nilai signifikansi 0,005 ≤ 0,05. Serta ada pengaruh positif yang signifikan antara Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap prestasi mata pelajaran ekonomi melalui uji F dengan perhitungan membandingkan F_(hitung ) = 66,002 > F_tabel= 3,32 dengan nilai signifikansi 0,000≤ 0,05.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara uji t (parsial) Disiplin Belajar berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. Dan Lingkungan Belajar tidak berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. Secara uji F (simultan) Disiplin Belajar dan Lingkungan belajar berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. | en_US |