PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN VARIASI MENGAJAR GURUTERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah apakah disiplin belajar siswa dan variasi mengajar guru memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajat siswa.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 33 orang dan pengambilan sampel dilakukan adalah total sampel.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket.Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus product moment,penelitiannya dihitung dengan menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda,Uji Hipotesis Parsial (Uji t),Uji Hipotesis Simultan (Uji F) dan Koefisien Determinasi.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa variabel Disiplin Belajar Siswa (X1) dan Variasi Mengajar Guru (X2) memiliki pengaruh yang positif terhadap Variabel Prestasi Belajar Siswa (Y)terlihat dari hasil persamaan regresi linear berganda.Nilai Disiplin Belajar Siswa (X1) adalah 0,600 dan nilai koefisien regresi variabel Variasi Mengajar Siswa (X2) adalah 0,611 yang berarti setiap ada peningkatan disiplin belajar siswa dan variasi mengajar guru akan meningkatkan prestasi belajar siswa.Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji simultan (Uji F ) dari hasil uji F diperoleh nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000.Berdasarkan uji t diperoleh nilai signifikansi 0,05< yaitu 0,000.Berdasarkan hasil uji determinasi variabel disiplin belajar siswa dan variasi mengajar guru memberikan sumbangan efektif tehadap prestasi belajar siswa sebesar sedangkan 88,60 % sisanya 11,40% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]