dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA GKPI Padang Bulan Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA GKPI Padang Bulan Tahun Ajaran 2020/2021. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Analisis Regresi Sederhana dan Uji Parsial ( Uji-t ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, yang menunjukkan bahwa nilai t_hitung > t_tabel ( 6,701 > 2,045 ) dan nilai signifikan < a ( 0,00 < 0,05 ). Terdapat pengaruh positif fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa dengan persamaan regresi Y = 48,843 + 0,506X. | en_US |