dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan variasi mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021.Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian surveydengan pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMKNegeri 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Analisis Regresi Berganda, Uji Simultan ( Uji-F ), Uji Parsial ( Uji-t ) dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar dan variasi mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, yang menunjukkan bahwa nilai 〖 t〗_hitung>t_tabel ( 6,340> 2,042 ) untuk variabel disiplin belajar dan ( 5,827> 2,042 ) untuk variabel variasi mengajar guru dan nilai signifikan < a ( 0,00<0,05 ). Kemudian Untuk Uji F(109,292> 2,92 ). Terdapat pengaruh positif disiplin belajar dan variasi mengajar guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan persamaan regresiY = 22,334 + 0,684X1 + 0,536X2. | en_US |