dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakter dan disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Parulian 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Parulian 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Analisis Regresi Berganda, Uji Simultan ( Uji-F ), Uji Parsial ( Uji-t ) dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter dan disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, yang menunjukkan bahwa nilai 〖 t〗_hitung > t_tabel ( 9,773 > 2,059 ) untuk variabel karakter dan ( 3,811 > 2,059 ) untuk variabel disiplin belajar dan nilai signifikan < a ( 0,00<0,05 ). Kemudian Untuk Uji F ( 97,432 > 2,99 ). Terdapat pengaruh positif karakter dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan persamaan regresi Y = 53,506 + 0,363X1 + 0,169X2. | en_US |