PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 SEI BAMBAN TAHUN AJARAN 2020/2021
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Sei Bamban Tahun Ajaran 2020/2021”. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N
1 Sei Bamban jalan Gempolan, Kecamatan Sei Bamban pada semester ganjil Tahun Ajaran 2020/2021. Metode Penelitian yang digunakan adalah Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 yang berjumlah 63 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen = 31,72 dengan standar deviasi = 8,27 dan nilai rata-rata posttest siswa setelah menggunakan Model Inquiry = 82,41 dengan standar deviasi 3,38. Sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas kontrol = 36,02 dengan standar deviasi 9,83 dan nilai rata-rata posttest siswa yang menggunakan metode konvensional = 71,91 dengan standar deviasi = 7,18. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung<Ltabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh Thitung>Ttabel (4,394>1,690), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel X dan Y pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Sei Bamban Tahun Ajaran 2020/2021.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]