dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menguji; (1) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Swasta Medan T.A 2020/2021; (2) pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Swasta Medan T.A 2020/2021; (3) pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Swasta Medan T.A 2020/2021
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Swasta Medan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik total sampling sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan taraf signifikan 0,05.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Swasta Medan T.A 2020/2021 berdasarkan uji t yaitu 8,466 > 1,692 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Swasta Medan T.A 2020/2021 berdasarkan uji t yaitu 4,020 > 1,692 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Swasta Medan T.A 2020/2021 berdasarkan uji F yaitu f hitung > f tabel (49,070 > 3,28) dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. | en_US |