• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Ilmu Administrasi Negara
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Ilmu Administrasi Negara
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI PUSKESMAS SARIBUDOLOKKABUPATEN SIMALUNGUN

    Thumbnail
    View/Open
    Mei Rosenta Br. Purba.pdf (276.5Kb)
    Date
    2020-09-05
    Author
    Br. Purba, Mei Rosenta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Saribudolok Kabupaten Simalungun.Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 2.628 orang yang merupakan pasien BPJS Kesehatan yang berkunjung pada tahun 2019 ke Puskesmas Saribudolok, dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh sample sejumlah 96 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan sebagai variabel bebas memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Saribudolok, dengan hasil thitung lebih besar dari ttabel (11,294 > 1,661), dengan nilai signifikan Kualitas Pelayanan lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Dalam pengujian koefisien determinasi yang disesuaikan (R Square) diperoleh nilai 0,576 artinya kemampuan variabel Kualitas Pelayanan dalam mempengaruhi variabel Kepuasan Pasien adalah sebesar 57,6% sisanya 42,4% dipengaruhi oleh faktor lain seperti manfaat/benefit dan lokasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Saribudolok Kabupaten Simalungun. Dengan memperhatikan hasil penelitian yang ada, disarankan agar terus ditingkatkan Kualitas Pelayanan dalam dimensi kehandalan, daya tanggap dan empati sehingga pasien BPJS Kesehatan yang datang berkunjung lebih merasakan kepuasan saat menerima pelayanan. Petugas Puskesmas juga diharapkan dapat menjaga sarana dan prasarana yang ada agar tetap dalam keadaan yang baik demi memberikan pelayanan yang berkualitas pada pasien BPJS Kesehatan agar tidak menimbulkan kekecewaan.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4803
    Collections
    • Ilmu Administrasi Negara [295]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback