PERANAN PELAYANAN MAJELIS GEREJA TERHADAP PENINGKATAN PELAYANAN TRI TUGAS PANGGILAN GEREJA DI HKBP AGAVE MARINDAL-MEDAN
Abstract
Gereja merupakan lembaga yang tidak mencari keuntungan materi (non profit) yang di dalamnya terdapat kegiatan manajemen dan administrasi. Manajemen dan administrasi yang terdapat dalam gereja meliputi sumber daya manusia, program pelayanan, program kerja dan kondisi keuangan yang terus berubah.Karena sifatnya yang secara terus-menerus mengalami perubahan (seperti perubahan data jemaat, data keuangan dan pelayanan), maka gereka memerlukan pengelolaan. Pengelolaan gereja tentu tidak dapat dilakukan sendiri oleh pendeta, sintua sebagai mitra pelayanan pendeta memiliki peran yang sangat vital agar pelayanan Tri Tugas Panggilan Gereja dapat terlaksana dengan baik.Sintua sebagai mitra pendeta memiliki peran yang sangat vital karena mereka merupakan ujung tombak pelayanan yang lebih banyak berhadapan langsung dengan jemaat di sektor mereka masing-masing.Maka kualitas pelayanan dapat langsung dinilai oleh jemaat berdasarkan pelayanan sintua. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: Pengaruh Pelayanan Majelis Gereja (berdasarkan lima dimensi pelayanan) terhadap peningkatan pelayanan Tri Tugas Panggilan Gereja di HKBP Agave Marindal-Medan. Kualitas Pelayanan yang dinilai berdasarkan lima dimensi pelayanan tidak lepas kaitannya dengan Manajemen Sumberdaya Manusia. Maka dalam penelitian ini terlihat bagaimana Manajemen Sumberdaya Manusia berpengaruh terhadap kualitas pelayanan sintua , dan kualitas pelayanan sintua berdampak langsung terhadap peningkatan pelayanan Tri Tugas Panggilan Gereja.
Collections
- LP - Report Research [230]