dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh dimensi Service
quality yang terdiri dari Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap
(Responsiveness), Jaminan (Assurance ), Empati (Empathy ) dan Bukti fisik
(Tangibles ) secara parsial terhadap loyalitas masyarakat yang dilayani di
Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Barat, (2) mengetahui pengaruh dimensi
Service quality yang terdiri dari Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap
(Responsiveness), Jaminan (Assurance ), Empati (Empathy ) dan Bukti fisik
(Tangibles ) secara simultan terhadap loyalitas masyarakat yang dilayani di
Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Barat.
Metode penelitian ini menggunakan survey dengan pendekatan kuantitatif
dan dengan instrumen berupa kuesioner. Objek penelitian ini adalah masyarakat
yang dilayani di Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Barat dengan jumlah sampel
sebanyak 40 orang yang sekaligus menjadi responden dalam penelitian ini. Tehnik
analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Dengan bantuan alat uji statistik SPSS IBM 24, hasil penelitian ini
menemukan bahwa: (1) Kehandalan (Reliability) mempunyai pengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas masyarakat yang dilayani di Sekretariat Daerah
Kabupaten Nias Barat. (2) Tanggap (Responsiveness) mempunyai pengaruh
positif dan signifikan terhadap loyalitas masyarakat yang dilayani di Sekretariat
Daerah Kabupaten Nias Barat. (3) Jaminan (Assurance), mempunyai pengaruh
positif dan signifikan terhadap loyalitas masyarakat yang dilayani di Sekretariat
Daerah Kabupaten Nias Barat. (4) Empati (Empathy) mempunyai pengaruh positif
dan signifikan terhadap loyalitas masyarakat yang dilayani di Sekretariat Daerah
Kabupaten Nias Barat. (5) Bukti fisik (Tangibles) mempunyai pengaruh positif
dan signifikan terhadap loyalitas masyarakat yang dilayani di Sekretariat Daerah
Kabupaten Nias Barat, dan (6) Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap
(Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Empathy) dan Bukti fisik
(Tangibles) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap loyalitas masyarakat yang dilayani di Dinas Kesehatan
Kabupaten Nias Barat | en_US |