PENGARUH LEARNING ORGANIZATION, KOMPETENSI DAN PELATIHAN TERHADAP PRODUKTIFITAS KASUBBAG PERENCANAAN ORGANISASI PERANGKAT DAERAH (OPD) KABUPATEN TAPANULI UTARA
Abstract
Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan survey dengan jenis
penelitian Deskriptif Kuantitatif, tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menguji pengaruh learning organization, kompetensi dan pelatihan terhadap
produktifitas kasubbag perencanaan OPD se Kabupaten Tapanuli Utara
secara parsial dan juga secara simultan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ASN yang ditempatkan di
Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tobasamosir yang
berjumlah 41 orang dan seluruh populasi tersebut diabservasi . Daftar
pertanyaan dalam penelitian ini terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas,
data diolah dengan bantuan program SPSS versi 25. Kuesioner dibagikan
kepada seluruh sampel namun yang menjawab dengan lengkap adalah 40
orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel learning
organization tidak berpengaruh signifikan terhadap produktifitas kasubbag
perencanaan OPD se-Kabupaten Tapanuli Utara, sementara kompetensi dan
pelatihan secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
produktifitas kasubbag perencanaan OPD se Kabupaten Tapanuli Utara. Secara
serempak simultan variabel learning organization, kompetensi dan pelatihan
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap produktifitas kasubbag
perencanaan OPD se Kabupaten Tapanuli Utara.
Collections
- LP - Report Research [230]