dc.description.abstract | Kepuasan wisatawan adalah kondisi perasaan yang dirasakan oleh
wisatawan setelah membandingkan kinerja/hasil yang dirasakannya dengan
harapannya pada suatu kegiatan wisata (Oliver, 1980). Tingkat kepuasan
merupakan fungsi dari perbedaan antara pengalaman yang dirasakan dengan
harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh
bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan wisatawan objek wisata Sipinsur di
Kabupaten Humbang Hasundutan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan sifat
penelitian adalah explanatory research, yang menjelaskan kedudukan variabelvariabel
yang diteliti serta hubungan antara satu variabel dengan varabel
lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat umum dan yang
pernah berkunjung ke Objek Wisata Sipinsur Humbang Hasundutan. Sampel
dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berkunjung pada bulan Desember
2015 dengan ketentuan telah berkunjung lebih dari dua kali kunjungan dengan
penarikan sampel secara accidental sampling. Data dikumpulkan dengan
wawancara, daftar pertanyaan dan studi dokumentasi dan variabel-variabel
yang diteliti menggunakan skala likert. Daftar pertanyaan terlebih dahulu diuji
dengan menggunakan pengujian validitas dan reliabilitas, pengolahan data
menggunakan perangkat lunak SPSS versi 20.0, dan dianalisis dengan analisis
deskriptif dan pengujian hipotesis dengan regresi linear berganda.
Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial
Objek, Promosi dan Proses berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan
wisatawan. Sedangkan Harga, Orang dan Bukti Fisik secara parsial tidak
berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Secara simultan Objek, Harga,
Promosi, Orang, Bukti Fisik dan Proses berpengaruh secara signifikan terhadap
kepuasan wisatawan yang berkunjung ke Sipinsur Humbang Hasundutan.
Koefisien determinasi (R
2
) adalah 53.3% sehingga dapat digunakan peneliti
selanjutnya untuk menambah variabel eksogen yang lain diluar variabel dalam
penelitian ini. | en_US |