• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN PERSEPSI DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANGUN RAYA KABUPATEN SIMALUNGUN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Nova Herlinawati.docx (65.75Kb)
    Date
    2015-09-15
    Author
    Herlinawati, Nova
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan Hubungan Persepsi Dengan Prestasi Belajar Bahasa Dan Sastra Indonesia Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bangun Raya Kabupaten Simalungun Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bangun Raya dengan jumlah siswa sebanyak 60 orang dan sampel 60 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode penelitian deskriptif korelasional. Instrument yang digunakan peneliti yaitu objektif tes ataupun pilihan berganda berbentuk angket. Nilai rata-rata persepsi 74,91 sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar bahasa dan sastra indonesia adalah 76,16. dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata prestasi belajar bahasa dan sastra indonesia lebih besar dari pada persepsi. Untuk mengetahui hubungan persepsi dengan prestasi belajar bahasa dan sastra indonesia digunakan rumus Product Moment yaitu: Berdasarkan uji normalitasnya variabel x dan variabel b berdistribusi normal. Dimana pada variabel x, bilangan baku (Zi) = -2,07, F(Zi) = 0,088, S (Zi) = 0,066, L0 = 0,0472 sedangkan variabel y, bilangan baku (Zi) = - 0,12, F (Zi) = 0,1179, S (Zi) = 0,05, L0 = 0,06. Setelah uji normalitas dilakukan maka R11 diperoleh 0,654 selanjutnya dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 95 % dan 99 % dengan N = 60. Pada taraf signifikan 95 % = 0,254 dan taraf signifikan 99 % = 0,330, karena rxy yang diperoleh lebih besar dari rtabel yaitu 0,254 < 0,654 > 0,330, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang baik antara persepsi dengan prestasi belajar bahasa dan sastra indonesia siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bangun Raya Kabupaten Simalungun Tahun Pembelajaran 2014/2015.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/468
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [548]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback