HUBUNGAN PERSEPSI DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANGUN RAYA KABUPATEN SIMALUNGUN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan Hubungan Persepsi Dengan Prestasi Belajar Bahasa Dan Sastra Indonesia Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bangun Raya Kabupaten Simalungun Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bangun Raya dengan jumlah siswa sebanyak 60 orang dan sampel 60 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode penelitian deskriptif korelasional. Instrument yang digunakan peneliti yaitu objektif tes ataupun pilihan berganda berbentuk angket. Nilai rata-rata persepsi 74,91 sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar bahasa dan sastra indonesia adalah 76,16. dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata prestasi belajar bahasa dan sastra indonesia lebih besar dari pada persepsi. Untuk mengetahui hubungan persepsi dengan prestasi belajar bahasa dan sastra indonesia digunakan rumus Product Moment yaitu:
Berdasarkan uji normalitasnya variabel x dan variabel b berdistribusi normal. Dimana pada variabel x, bilangan baku (Zi) = -2,07, F(Zi) = 0,088, S (Zi) = 0,066, L0 = 0,0472 sedangkan variabel y, bilangan baku (Zi) = - 0,12, F (Zi) = 0,1179, S (Zi) = 0,05, L0 = 0,06. Setelah uji normalitas dilakukan maka R11 diperoleh 0,654 selanjutnya dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 95 % dan 99 % dengan N = 60. Pada taraf signifikan 95 % = 0,254 dan taraf signifikan 99 % = 0,330, karena rxy yang diperoleh lebih besar dari rtabel yaitu 0,254 < 0,654 > 0,330, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang baik antara persepsi dengan prestasi belajar bahasa dan sastra indonesia siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bangun Raya Kabupaten Simalungun Tahun Pembelajaran 2014/2015.