UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 MEDAN T.A. 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think pair Share Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan T.A. 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan Kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2020/2021, yang berjumlah 30 orang siswa dengan teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Hasil Observasi dan Analisis Hasil Belajar Siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan meningkat setelah diberi tindakan penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share. Jumlah rata-rata Aktivitas Belajar Siswa pada Siklus I (51.62%) dan pada Siklus II (80.52%). Jumlah siswa yang telah memenuhi standar ketuntasan minimal belajar pada siklus I hanya 20 orang (66.66%) dan pada Siklus II yang tuntas mencapai 26 orang (86.66%). Peningkatan skor Aktivitas Belajar Ekonomi sebesar 29.90% dan peningkatan hasil Belajar Siswa sebesar 20%.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]