• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Sunggal Tahun Ajaran 2020/2021

    Thumbnail
    View/Open
    Luisa Manurung.pdf (248.7Kb)
    Date
    2020-09-01
    Author
    Manurung, Luisa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu untuk meningkatkan prestasi belajar. Dorongan tersebut harus ada salah satunya dari lingkungan sekolah. Sedangkan lingkungan sekolah adalah tempat dimana berlangsungnya kegiatan siswa belajar bersama teman-temannya. Sehingga motivasi belajar dan lingkungan sekolah saling berkaitan untuk meningkatkan prestasi belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) untuk menjelaskan adanya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IPS 1 SMA Negeri 1 Sunggal. 2) untuk menjelaskan adanya pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas IPS 1 SMA Negeri 1 Sunggal. 3) untuk menjelaskan adanya pengaruh motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas IPS 1 SMA Negeri 1 Sunggal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah 34 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Hasil perhitungan regresi analisis linear berganda adalah Y= 48,094 + 0,288 X1 + 0,117 X2 + e. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajarsiswa kelas . Hal ini dapat dilihat pada nilai thitung > ttabel 6,186 > 1,668 yaitu pada taraf signifikan 0,00 < 0,05. 2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas. Hal ini dapat dilihat pada nilai thitung > ttabel 3,515 > 1,664 yaitu pada taraf signifikan 0,01 < 0,05. 3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas . hal ini dapat dilihat pada nilai Fhitung > Ftabel 34,826 > 3,14 yaitu pada taraf signifikan 0,000. Koefisien determinasi (R2) dari motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar adalah 0,517atau 51,7%.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4612
    Collections
    • Pendidikan Ekonomi [277]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback