Penggunaan Model Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Two Stay Two Stray dalam pembelajaran menulis teks eksposisi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara dan angket. Teknik analisis datanya adalah data kualitatif yaitu data collecting, data editing, data reducting, data display, data verifikasi, dan data konklisif.
Hasil penelitian ini diperoleh melalui teknik wawancara peneliti dengan guru yaitu bahwa siswa lebih memahami kegitan menulis teks ekspsosi dengan menentukan struktur tes eskposisi yaitu, tesis, rangkaian argumen, dan kesimpulan, dengan hasil angket yaitu tanggapan atau responden siswa terhadap angket yang dibagikan melalui google form, dibuktikan dengan 95,4% siswa tertarik menulis teks eksposisi, 74,2% menyukai pembejaran menulis teks ekspsosisi, dan 58,3% mampu memahami struktur teks eksposisi.