dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan membaca ekstensif terhadap kemampuan menulis berita tajuk rencana Oleh Siswa Kelas X SMK N.1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah 239 siswa dengan mengambil15 % menjadi 32 siswa Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan deskriptif data diikuti dengan persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji linearitas untuk menguji hipotesis yang diajukan digunakan rumus korelasi product moment signiifikansi. Untuk mengetahui adanya pengaruh keterampilan membaca ekstensif terhadap kemampuan menulis berita tajuk rencana digunakan korelasi product moment :
R_xy= (N ∑▒〖XY- (∑▒X)(∑▒Y) 〗)/√({N∑▒X^2 - (∑▒X)^2 }{N∑▒Y^2-(∑▒Y)^2 } )
Berdasarkan analisis data yang diperoleh ∑X = 23 X = 73,46 SD = 7,41 dan data Y diperoleh ∑Y = 24,50 y = 76,56 SD = 7,54 . Dari perhitungan rxy dikonsultasikan dengan r tabel signifikan dengan N = 32 yaitu 2,819 > 0,0349 , maka hipotesisnya diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh keterampilan membaca ekstensif terhadap kemampuan menulis berita tajuk rencana oleh siswa kelas X SMK N.1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2015/2016. | en_US |