ANALISIS MISKONSEPSI BUKU AJAR FISIKA SMA KELAS X PADA MATERI PENGUKURAN DAN BESARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui ada tidaknya miskonsepsi pada buku ajar fisika kelas X semester I pada materi Pengukuran dan Besaran, (2) Mengetahui presentase miskonsepsi buku ajar fisika kelas X semester I pada materi Pengukuran dan Besaran, (3) Mengetahui ada tidaknya identifikasi keterangan lain yang berpotensi menimbulkan miskonsepsi pada materi Pengukuran dan Besaran pada ketiga buku SMA Kelas X tersebut.
Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah materi Pengukuran dan Besaran di dalam ketiga buku ajar Fisika kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Teknik yang digunakan untuk memeriksa validitas data dalam penelitian ini adalah triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat miskonsepsi Pengukuran dan Besaran dalam ketiga buku ajar yang diteliti; (2) Besarnya presentase miskonsepsi Pengukuran dan Besaran dalam buku ajar yang diteliti sebanyak 13,33 % pada Buku A, 20 % pada Buku B, dan 26,67 % pada Buku C; (3) terdapat identifikasi keterangan lainnya yang berpotensi menimbulkan miskonsepsi pada ketiga buku ajar yang diteliti yaitu dalam konsep tidak ada sebanyak 1 temuan pada ketiga buku ajar.