• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS MISKONSEPSI BUKU AJAR FISIKA SMA KELAS X PADA MATERI PENGUKURAN DAN BESARAN

    Thumbnail
    View/Open
    Ernita Manalu.pdf (249.2Kb)
    Date
    2020-10-01
    Author
    Manalu, Ernita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui ada tidaknya miskonsepsi pada buku ajar fisika kelas X semester I pada materi Pengukuran dan Besaran, (2) Mengetahui presentase miskonsepsi buku ajar fisika kelas X semester I pada materi Pengukuran dan Besaran, (3) Mengetahui ada tidaknya identifikasi keterangan lain yang berpotensi menimbulkan miskonsepsi pada materi Pengukuran dan Besaran pada ketiga buku SMA Kelas X tersebut. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah materi Pengukuran dan Besaran di dalam ketiga buku ajar Fisika kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Teknik yang digunakan untuk memeriksa validitas data dalam penelitian ini adalah triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat miskonsepsi Pengukuran dan Besaran dalam ketiga buku ajar yang diteliti; (2) Besarnya presentase miskonsepsi Pengukuran dan Besaran dalam buku ajar yang diteliti sebanyak 13,33 % pada Buku A, 20 % pada Buku B, dan 26,67 % pada Buku C; (3) terdapat identifikasi keterangan lainnya yang berpotensi menimbulkan miskonsepsi pada ketiga buku ajar yang diteliti yaitu dalam konsep tidak ada sebanyak 1 temuan pada ketiga buku ajar.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4589
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [548]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback