Pengaruh Penguasaan Pronomina Penunjuk Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Tahun Ajaran 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan pronomina penunjuk terhadap kemampuan menulis teks berita. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Medan Tahun Ajaran 2014/2015 yang bejumlah 247 orang, dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah dengan cara random sampling dengan 15% : 247 sehingga sampel berjumlah 37 orang. Metode yang digunakan adalah deskriptif korelasional, yaitu suatu cara atau teknik penelitian yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang gejala-gejala serta hubungan yang ada pada suatu objek penelitian alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes objektif (pilihan ganda) dan tes penugasan.
Instrumen yang digunakan untuk menjaring ke dua variabel yang diteliti adalah tes penguasaan pronomina penunjuk sebagai variabel X berbentuk tes objektif (pilihan ganda) sebanyak 20 item, dan tes kemampuan menulis teks berita sebagai variabel Y berbentuk tes penugasan yaitu menulis teks berita. Untuk melihat besarnya pengaruh penguasaan pronomina penunjuk terhadap kemampuan menulis teks berita teknik analisis data dengan menggunakan rumus untuk menghitung koefisien korelasi adalah rumus Product Moment
N ∑ XY – ( ∑ X )( ∑ Y )
r xy =
√(〖{ N ∑▒〖X ²-(∑▒〖X )²} {N ∑▒〖Y ²-(∑▒〖Y )²}〗〗〗〗〗^ )
Berdasarkan teknik analisis data ditemukan hasil penelitian yakni penguasaan pronomina penunjuk tergolong baik dengan nilai rata-rata 65,45, dan kemampuan menulis teks berita tergolong baik dengan nilai rata-rata 76,81. Pengaruh penguasaan pronomina penunjuk terhadap kemampuan menulis teks berita adalah signifikan dimana r hitung > r tabel pada taraf signifikan 95 % = 0,6131 > 0,325 maka penelitian menyimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penguasaan pronomina penunjuk dengan menulis teks berita.