• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penguasaan Pronomina Penunjuk Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Tahun Ajaran 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Henny.pdf (324.0Kb)
    Date
    2015-08-21
    Author
    Hulu, Henny Indriwati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan pronomina penunjuk terhadap kemampuan menulis teks berita. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Medan Tahun Ajaran 2014/2015 yang bejumlah 247 orang, dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah dengan cara random sampling dengan 15% : 247 sehingga sampel berjumlah 37 orang. Metode yang digunakan adalah deskriptif korelasional, yaitu suatu cara atau teknik penelitian yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang gejala-gejala serta hubungan yang ada pada suatu objek penelitian alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes objektif (pilihan ganda) dan tes penugasan. Instrumen yang digunakan untuk menjaring ke dua variabel yang diteliti adalah tes penguasaan pronomina penunjuk sebagai variabel X berbentuk tes objektif (pilihan ganda) sebanyak 20 item, dan tes kemampuan menulis teks berita sebagai variabel Y berbentuk tes penugasan yaitu menulis teks berita. Untuk melihat besarnya pengaruh penguasaan pronomina penunjuk terhadap kemampuan menulis teks berita teknik analisis data dengan menggunakan rumus untuk menghitung koefisien korelasi adalah rumus Product Moment N ∑ XY – ( ∑ X )( ∑ Y ) r xy = √(〖{ N ∑▒〖X ²-(∑▒〖X )²} {N ∑▒〖Y ²-(∑▒〖Y )²}〗〗〗〗〗^ ) Berdasarkan teknik analisis data ditemukan hasil penelitian yakni penguasaan pronomina penunjuk tergolong baik dengan nilai rata-rata 65,45, dan kemampuan menulis teks berita tergolong baik dengan nilai rata-rata 76,81. Pengaruh penguasaan pronomina penunjuk terhadap kemampuan menulis teks berita adalah signifikan dimana r hitung > r tabel pada taraf signifikan 95 % = 0,6131 > 0,325 maka penelitian menyimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penguasaan pronomina penunjuk dengan menulis teks berita.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/425
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [548]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback