Penguasaan Diksi Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Naratif Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Habinsaran Kabupaten Toba Samosir T.A 2016/2017.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penguasaan diksi terhadap kemampuan menulis karangan narasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Habinsaran Kabupaten Toba Samosir tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penguasaan diksi terhadap kemampuan menulis karangan narasi. Instrument yang digunakan adalah tes penugasan untuk kedua materi. Hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
Ho : Tidak ada pengaruh penguasaan diksi terhadap kemampuan menulis Karangan naratif siswa kelas X SMA Negeri 1 kecamatan Habinsaran Kabupaten Toba Samosir Tahun Pembelajaran 2016/2017 Semester Ganjil.
Ha : Ada pengaruh penguasaan diksi terhadap kemampuan menulis Karangan naratif siswa kelas X SMA Negeri 1 kecamatan Habinsaran Kabupaten Toba Samosir Tahun Pembelajaran 2016/2017 Semester Ganjil.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh ∑X =2050, x ̅ = 68,33, SDx = 18,11 dan data Y diperoleh ∑Y=2080, Y ̅ = 69,33, SDy = 15,72. Dari perhitungan rxy dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 30 yaitu 0,96 > 0,361, maka hipotesis altenatif (HA) diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh penguasaan diksi terhadap kemampuan menulis karangan naratif oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Habinsaran Kabupaten Toba Samosir Tahun Pembelajaran 2016/2017.
i