• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARTIKELOLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIMANGUMBAN TAHUN PEMBELAJARAN

    Thumbnail
    View/Open
    Rutmaida br Sirait.docx (200.8Kb)
    Date
    2016-08-30
    Author
    Br Sirait, Rutmaida
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Strategi Metakognitif terhadap kemampuan menulis artikel pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Simangumban Tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI yaitu sebanyak 150 orang dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang. Dari populasi, ditetapkan pengambilan sampel secara Two Group Posttest-Only design sebanyak 2 (dua) kelas yaitu kelas XI IPA-1 sebanyak 30 orang ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan XI IPA-2 sebanyak 30 orang ditetapkan sebagai kelas kontrol. Setelah data dianalisis diperoleh persentase nilai rata – rata kemampuan menulis artikel pada kelas eksperimen menggunakan strategi metakognitif berkategori baik nilai rata – rata 77,36 sedangkan nilai rata – rata menggunakan strategi ekspositori berkategori cukup baik dengan nilai rata – rata 63,46. Data kelas eksperimen memiliki homogenitas yang signifikan yaitu Fhitung < Ftabel : 5,19 < 43,8. Dan memiliki hipotesis Uji-t yang signifikan yaitu thitung > ttabel : 5,51 > 0,11 . Hasil belajar kemampuan menulis artikel menggunakan strategi metakognitif berkategori baik dibandingkan dengan hasil belajar kemampuan menulis Artikel dengan menggunakan strategi ekspositori yaitu berkategori cukup. Berdasarkan hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa strategi metakognitif lebih efektif dari strategi ekspositori dalam menulis artikel oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Simangumban Tahun Pembelajaran 2016/2017.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/408
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback