EFEKTIVITAS STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARTIKELOLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIMANGUMBAN TAHUN PEMBELAJARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Strategi Metakognitif terhadap kemampuan menulis artikel pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Simangumban Tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI yaitu sebanyak 150 orang dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang. Dari populasi, ditetapkan pengambilan sampel secara Two Group Posttest-Only design sebanyak 2 (dua) kelas yaitu kelas XI IPA-1 sebanyak 30 orang ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan XI IPA-2 sebanyak 30 orang ditetapkan sebagai kelas kontrol.
Setelah data dianalisis diperoleh persentase nilai rata – rata kemampuan menulis artikel pada kelas eksperimen menggunakan strategi metakognitif berkategori baik nilai rata – rata 77,36 sedangkan nilai rata – rata menggunakan strategi ekspositori berkategori cukup baik dengan nilai rata – rata 63,46. Data kelas eksperimen memiliki homogenitas yang signifikan yaitu Fhitung < Ftabel : 5,19 < 43,8. Dan memiliki hipotesis Uji-t yang signifikan yaitu thitung > ttabel : 5,51 > 0,11 . Hasil belajar kemampuan menulis artikel menggunakan strategi metakognitif berkategori baik dibandingkan dengan hasil belajar kemampuan menulis Artikel dengan menggunakan strategi ekspositori yaitu berkategori cukup.
Berdasarkan hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa strategi metakognitif lebih efektif dari strategi ekspositori dalam menulis artikel oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Simangumban Tahun Pembelajaran 2016/2017.