Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Brandan Barat Tahun Pembelajaran 2019/2020
Abstract
Penilitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Brandan Barat tahun pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 5 kelas dengan keseluruhan populasi 180 siswa. Dari Populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 36 siswa dengan total satu kelas yang dipilih secara random sampling, dari pringkat 1-7 setiap kelas nantiknya yang akan menjadi perwakilan setiap kelas.
Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penilitian kuantitatif dengan jenis metode pretest-posttest . teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah berupa essay penugasan yang dilakukan pada pretest-posttest . teknik analissi data yang digunakan yaitu uji Normalitas uji “t”.
Hipotesis dalam penilitian ini diuji menggunakan uji “t” pada taraf signifikan ᵅ = 0,05. Dari data perhitungan thitung> ttabel(3.388 > 1.684). dengan demikian Hipotesis Ho ditolakdan Ha diterima.
Berdasarkan hasil penilitian maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis teks negosiasi.