Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapitaldan Tanda Baca Berbasis PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) pada Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikananalisiskesalahanpenggunaanhurufkapitaldantandabacaberbasis PUEBI dalamtekspersuasisiswakelas VIIISMP Negeri 37 Medan TahunPembelajaran 2019/2020, mendeskripsikanjeniskesalahan yang dominanterjadipadatekspersuasisiswakelas VIII SMP Negeri 37 Medan TahunPembelajaran 2019/2020.
Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatif.Sumber data berasaldaridokumenberupa chat whatsapp, buku PUEBI (PedomanUmumEjaanBahasa Indonesia)dantekspersuasi yang ditulisolehsiswa.Teknikpengumpulandataberupaanalisisdokumenberupatekspersuasisiswa.Teknikanalisis data yang digunakanadalah model analisismengumpulkan data, mengindentifikasikesalahan, memperingatikesalahan, menjelaskankesalahan, mengoreksikesalahan.
Simpulanpenelitianiniadalahsebagaiberikut.Pertama, Kesalahanpenggunaanhurufkapitaldalamtekspersuasisiswakelas VIII SMP Negeri 37 Medan ditemukansebagaiberikut: Kesalahanituterdiridarikesalahanpenggunaanhurufkapitalsebagaihurufpertamaawalkalimat; kesalahanpenggunaanhurufkapitalsebagaihurufpertamanamageografi; kesalahanpenggunaanhurufkapitalsebagaihurufpertamasemua kata dalam Negara, lembaga, badan, organisasi, ataudokumen; kesalahanpenggunaanhurufkapitalpadateks, kesalahanpenggunaanhurufkapitaldalampenulisanjudul.Keduakesalahanpenggunaantandabaca yang ditemukanpadatekspersuasisiswakelas VII SMP Negeri 37 Medan ditemukansebagaiberikut: Kesalahanpenggunaantandabacatitik; Kesalahanpenggunaantandabacakoma; Kesalahanpenggunaantandabacaseru; Kesalahanpenggunaantandabaca Tanya. Ketiga, terdapat 179 kesalahan yang terdapatpadatekspersuasisiswakelas VII SMP Negeri 37 Medan.Denganpresentasi 115 kesalahanpenggunaanhurufkapitaldan 64 kesalahanpenggunaantandabaca.Jadi, dapatdisimpulkanbahwakesalahan yang dominanterjadipadatekspersuasisiswaadalahpenggunaanhurufkapital.