Pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Ulasan Cerpen Di Kelas Viii Smp Swasta Budi Murni 3 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Concept Sentence terhadap kemampuan siswadalam menulis teks ulasan cerpen kelas VIII SMP Swasta Budi Murni 3 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Jumlah sampel sebanyak 30 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes essay untuk mengetahui pengaruh model Concept Sentence terhadap kemampuan siswadalam menulis teks ulasan cerpen kelas VIII SMP Swasta Budi Murni 3 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji “t” dari perhitungan hipotesis yang diperoleh thitung = 12,29 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dengan dk = (n1 + n2) – 2 = (30+30)-2 = 58. Di dalam tabel “t’ dengan dk = 58 diperoleh taraf signifikan harga ttabel = 2,000. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa thitung > ttabel = 12,29 > 2,000. Dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti empiris bahwa presentasi belajar siswa sesudah menggunakan model Concept Sentence terhadap kemampuan menulis teks ulasan cerpen berpengaruh dibandingkan sebelum menggunakan model Concept Sentence terhadap kemampuan menulis teks ulasan cerpen siswa.