Pengaruh Penggunaan Model Experiential Learning Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Puisi di Kelas X SMA Swasta Cinta Rakyat Duynhoven Saribudolok Tahun Ajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuin pengaruh penggunaan model experiential learning terhadap kemampuan siswa menulis teks puisi di kelas X SMA Swasta Cinta Rakyat Duynhoven Saribudolok Tahun Ajaran 2019/2020.
Sampel penelitian ini yakni satu kelas sebanyak 40 siswa yang dipilih secara cluster sampling yaitu kelas X IPA 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah berupa soal penugasan yang dilakukan pada pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji t.
Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05. Dari data perhitungan diperoleh rata-rata dari pretest adalah 56,85 dan rata-rata pada posttest adalah 77,25, thitung >ttabel (10,680>2,02439). Dengan demikian hipotesis nihil bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
Dengan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Model Experiential Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis teks puisi.