Efektivitas Penggunaan Media Audiovisual Gerak Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Eksplanasi di Kelas VIII SMP Negeri 7 Medan T.P. 2019/2020,
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media audiovisual gerak terhadap kemampuan siswa menulis teks eksplanasi di kelas VIII SMP Negeri 7 Medan T.P 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini yakni 270 orang yang terdiri dari 9 kelas, satu kelas terdiri dari 30 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel dengan mengunakan teknik sampel area (cluster sampling). Metode penelitian yaitu metode eksperimen dengan desain eksperimen dua kelas tetapi hanya menggunakan postes saja. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan uji normalitas data, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Analisis data dengan uji normalitas diketahui Lhitung = 0,1283 = 0,128 sedangkan Ltabel = 0,161 (dengan ukuran sampel = 30, dan taraf kenyataan (α) = 0,05). Oleh karena itu Lhitung < Ltabel (terdistribusi normal). Kemudian Fhitung < Ftabel (1,32 < 1,91), maka data populasi (data kelas eksperimen dengan data kelas kontrol) homogen. Hipotesis yang diuji dengan uji t dan dan taraf signifikansi (α) = 0,05. Dari analisis data pada uji hipotesis didapat dan diketahui bahwa thitung > ttabel (4,243 >2,042). Maka dari itu H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada efektivitas penggunaan media audiovisual gerak terhadap kemampuan siswa menulis teks eksplanasi di kelas VIII SMP Negeri 7 Medan T.P 2019/2020