PENGARUH STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN UNSUR-UNSUR FABEL DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SUMBUL TAHUN AJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Student Team Achievement Division ( STAD ) terhadap kemampuan siswa menemukan unsur-unsur fabel di kelas VII SMP Negeri 1 Sumbul T.P 2019 / 2020.Penelitian ini terdiri dari 9 kelas dengan keseluruhan populasi 288 orang siswa dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 32 siswa dengan total 1 kelas yang terpilih dengan teknik cluster sampling yaitu kelas VII-5. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah berupa penugasan yaitu menemukan unsur-unsur fabel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji “t”.
Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan “t” pada taraf signifikan taraf signifikan 5% dengan harga tabel sebesar 2,042. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa thitung> ttabel = 21,357> 2,042. Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan modelSTAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalammenemukan unsur-unsur fabel d kelas VII SMP.