Pengaruh Penggunaan Model Inside Outsid Circle (OIC) Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Negosiasi Di Kelas X SMK Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Inside Outside Circle (OIC) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Medan tahun pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 12 kelas dengan keseluruhan populasi 384 siswa. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 64 siswa dengan total dua kelas yang dipilih secara Cluster Sampling yaitu kelas X TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TITL 2 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis metode penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah berupa essay penugasan yang dilakukan di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas menggunakan uji F, uji Homogenitas dan uji Hipotesis menggunakan uji “t”. Uji Normalitas terdapat ˂ yaitu 0,1103 ˂0,1566 sehigga terdistribusi normal. Uji Homogenitas ˂ yaitu 1,21 ˂ 1,76 sehingga varians kelas eksperimen dan kontrol adalah homogen. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan uji “t” pada taraf signifikan ∝ =0,05. Dari data penghitungan ˃ (23,441 ˃ 1,670). Dengan demikian hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model Inside Outside Circle (OIC) dapat meingkatakan hasil belajar siswa dalam menulis teks negosiasi.