UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SUPERITEM SISWAKELAS XII IPA 1 SMA NEGERI 10 MEDAN T.A. 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran superitem siswa kelas XII IPA 1 T.A. 2019/2020Jenis penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan Kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2019/2020, yang berjumlah 31 orang siswa dengan teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Hasil Observasi dan Analisis Hasil Belajar Siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 10 Medan meningkat setelah diberi tindakan penerapan Model Pembelajaran Superitem. Jumlah rata-rata Aktivitas Belajar Siswa pada Siklus I (49,71%) dan pada Siklus II (79,29%). Jumlah siswa yang telah memenuhi standar ketuntasan minimal belajar pada siklus I hanya 18 orang (58,06%) dan pada Siklus II yang tuntas mencapai 26 orang (83,87%). Peningkatan skor Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 29,55% dan peningkatan hasil Belajar Siswa sebesar 25,81%.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]