PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA N 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 8 Medan Tahun Ajaran 2019/2020”. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 8 Medan jalan Sampali No.23, Pandau Hulu II Medan pada semester genap Tahun Ajaran 2019/2020. Metode Penelitian yang digunakan adalah Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 3 yang berjumlah 72 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen = 37,08 dengan standar deviasi = 9,36 dan nilai rata-rata posttest siswa setelah menggunakan Model Problem Based Learning = 75 dengan standar deviasi 10,48. Sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas kontrol = 40,69 dengan standar deviasi 11,72 dan nilai rata-rata posttest siswa yang menggunakan metode konvensional = 72,22 dengan standar deviasi = 7,31. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi norma (Lhitung<Ltabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh Thitung>Ttabel (4,271>1,689), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel X dan Y pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05.Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 8 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]