dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas X IPA 1 SMA Negeri 10 Medan T.A. 2019/2020.Jenis penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan Kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas X IPA 1 SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2019/2020, yang berjumlah 33 orang siswa dengan teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Hasil Observasi dan Analisis Hasil Belajar Siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA 1 SMA Negeri 10 Medan meningkat setelah diberi tindakan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jumlah rata-rata Aktivitas Belajar Siswa pada Siklus I (52,59%) dan pada Siklus II (81,81%). Jumlah siswa yang telah memenuhi standar ketuntasan minimal belajar pada siklus I hanya 23 orang (69,69%) dan pada Siklus II yang tuntas mencapai 27 orang (81,81%). Peningkatan skor Aktivitas Belajar Ekonomi sebesar 29,22% dan peningkatan hasil Belajar Siswa sebesar 12,12%. | en_US |