dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Discovery Learning Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 19 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas Kelas XI IPS SMA Negeri 19 Medan Tahun Ajaran 2019/2020, yang berjumlah 84 orang siswa dengan teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah total sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Analisis Regresi Linier, Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Tipe Discovery Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar. Pada aktivitas yang ditunjukkan dengan nilai perolehan yang menunjukkan bahwa nilai t_hitung > 〖 t〗_tabel yaitu (2,078 >1,68385) dan nilai signifikansi (0,045 < 0,05). Dan pada Hasil Belajar yang ditunjukkan dengan nilai perolehan yang menunjukkan bahwa nilai t_hitung > 〖 t〗_tabel yaitu (2,183 >1,68385) dan nilai signifikansi (0,035 < 0,05). | en_US |