EFEKTIVITAS TEKNIK DISCUSSION STARTER STORY TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS NARASI DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SARIBUDOLOK TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Teknik Discussion Starter Story Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Narasi di Kelas VII SMP Negeri 1 Saribudolok Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Saribudolok Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 7 kelas dengan keseluruhan jumlah populasi kelas VII yaitu 224 siswa. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 64 siswa dengan total dua kelas yang dipilih secara cluster sampling yaitu kelas VII-2 dan kelas VII-3. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah berupa test essay penugasan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Normalitas menggunakan Uji F, Uji Homogenitas dan menggunakan Uji “t”.
Hipotesis dalam penelitian ini di uji dengan uji “t” pada taraf signifikan α = 0,05. Dari data perhitungan thitung > ttabel = 7,7812 > 1,9993. Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.
Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa Teknik Discussion Starter Story berpengaruh terhadapat Menulis Teks Narasi di Kelas VII SMP Negeri 1 Saribudolok Tahun Pembelajaran 2019/2020.