PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGGUNAAN MODEL WORD SQUARE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGER1 9 PEMATANGSIANTAR T.A. 2019/2020
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah “untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan model Word Square pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Pematangsiantar TA. 2019/2020. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen dengan subjek penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas VIII-5 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-6 sebagai kelompok kontrol masing-masing berjumlah 28 orang.
Dalam pengujian hipotesis digunakan uji statistik yaitu uji “t” hasil perhitungan tersebut diperoleh t_hitung>t_tabel pada taraf α = 0,05 yakni dengan dk = (n_1+ n_2 - 2) = 54 yakni (7,09>2,01) dengan demikian H0 ditolak H1 diterima. Dengan kata lain setelah eksperimen dilakukan ternyata diperoleh ada peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan model Word Square pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Pematangsiantar TA. 2019/2020. Maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Word Square lebih efektif digunakan dibandingkan dengan model pembelajaran Konvensional oleh siswa SMP Negeri 9 Pematangsiantar TA. 2019/2020.
Collections
- LP - Report Research [230]