Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 4 Pematangsiantar Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 4 Pematangsiantar pada materi sistem persamaan linear dua variabel melalui strategi pembelajaran Reciprocal Teaching. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experimental research) dengan menentukan satu kelas sampel penelitian yang diambil secara acak (random) sebagai kelas eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi terdiri dari 11 kelas dengan jumlah siswa 385 orang yaitu mulai kelas VIII-1 sampai VIII-11. Pengambilan sampel anggota populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan perbedaan yang ada, artinya semua kelas mempunyai kesempatan menjadi sampel penelitian. Dalam penelitian ini, sampel penelitian adalah kelas VIII6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII4 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan strategi pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional.