Show simple item record

dc.contributor.authorAntasari Sinaga, Juli
dc.date.accessioned2020-06-09T04:59:46Z
dc.date.available2020-06-09T04:59:46Z
dc.date.issued2018-07
dc.identifier.issn2443-0536
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3879
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswapada materi Perbandingan di kelas VIISMP Negeri 1 Siantar T.P. 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Dengan populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIISMP Negeri 1 SiantarT.P. 2014/2015 yang terdiri dari 158 siswa dan sebagai sampel penelitian adalah 39 siswa.Berdasarkan hasil analisis data didapat bahwauntuk tes yang dilakukan dengan pengaruh metode pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR)diperoleh Lo = 0,1269, dengan = 0,01 dan N = 39 diperoleh Ltabel = 0,1652, ternyata Lo< Ltabel. Sedangkan untuk tes kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh Lo = 0,1581, dengan = 0,01 dan N = 39 diperoleh Ltabel = 0,1652, ternyata Lo< Ltabel. Dari hasil perhitungan diperoleh Lo< Ltabel atau dengan kata lain bahwa kedua data yang digunakan adalah berdistribusi normal. Untuk ketelitian analisis, peneliti menggunakan uji linieritas regresi dengan menggunakan daftar Analisis Varians (ANAVA) melalui uji F, ternyata regresi X dan Y mempunyai hubungan yang linier, sehingga tidak perlu mencari model yang bukan linier. Dimana hubungan regresi antara X dan Y dapat ditunjukkan dengan persamaan regresi Yˆ = 0,77 + x. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dilakukan ujiindependensi. Dengan menggunakan = 0,01, dk pembilang 1 dan dk penyebut 37 dari daftar sebaran F diperoleh Fhit = 47,74 dan Ftab = 7,3892, sehingga Fhit> Ftab. Jika hasil ini dibandingkan dengan uji korelasi diperoleh thit = 6,937 dan ttabel = 2,451 sehingga thit > ttabel, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara metode pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Taraf pengaruh antara variabel ditentukan dengan koefisien korelasi ( r = 0,752), sedangkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya ditentukan dengan koefisien determinasi dan setelah dihitung (lampiran 18) diperoleh r2 = 0,563 atau dapat dikatakan koefisien determinasi = 56,3%. Ini berarti bahwa metode pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR)mempunyai pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa.en_US
dc.publisherSTINDO PROFESIONAL JURNALen_US
dc.relation.ispartofseriesVolume IV;Nomor 4
dc.subjectMetode Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR), Kemampuan Komunikasi Matematis Siswaen_US
dc.titlePENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTI REPRESENTASI (DMR) TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI PERBANDINGANen_US
dc.title.alternativeMetode Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR), Kemampuan Komunikasi Matematis Siswaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record