• Login
    View Item 
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - Unpublished Articles
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - Unpublished Articles
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Penalaran Logis Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe THINK PAIR SHARE (TPS) di SMP Negeri 7 Pematangsiantar

    Thumbnail
    View/Open
    Peningkatan Penalaran Logis Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatiftipe THINK PAIR SHARE (TPS) di SMP Negeri 7 Pematangsiantar (3.389Mb)
    Date
    2019-08
    Author
    Mabun, Yanty
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah : (1) peningkatan kemampuan penalaranlogis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (2) proses penyelesaian masalah yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Pematangsiantar dengan sampel 56 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen semu dengan pretest- postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang mengambil dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan penalaran logis yang berbentuk uraian. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi dan koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu : (1) peningkatan penalaran logisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi daripada kemampuan penalaran logis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (2) proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik daripada pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan penalaran logisi matematis siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3860
    Collections
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan [67]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback