PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA SMA SWASTA KRISTEN HOSANA MEDAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI LINTAS MINAT T.A 2019/2020
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi melalui model pembelajaran Mind Mapping kelas X IPA SMA Swasta Kristen Hosana Medan Tahun Ajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian sebanyak 24 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi padasaat berlangsungnya proses pembelajaran dan tes yang diberikan pada awal dan akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 5 orang (20,83%) siswa yang dinyatakan aktif. Padasiklus II mengalami peningkatan menjadi 15 orang (62,5%) siswa yang dinyatakan aktif. Sehingga aktivitas belajar siswa meningkat 41,67% dari siklus I kesiklus II. Hasil belajar pada pretest pada siklus I menunjukkan 5 orang siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata dan postest yang tuntas sebanyak 15 orang dengan nilai rata-rata. Ketuntasan klasik pada siklus I pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 19 orang maka dikategorikan baik. Berdasardarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa ekonomi siswa kelas X IPA SMA Swasta Kristen Hosana Medan
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]