Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Alfamart (Studi Kasus Pada Konsumen Alfamart Di Perumnas Mandala Medan)
Abstract
ABSTRAK
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI ALFAMART
(STUDI KASUS PADA KONSUMEN ALFAMART DI PERUMNAS MANDALA MEDAN)
Gloria J.M Sianipar, SE, M.Si
sianipar.gloria28@gmail.com
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Alfamart Perumnas Mandala Medan.
Variabel yang digunakan adalah (1) harga, (2) kualitas pelayanan dan (3) kepuasan konsumen. Metode pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Alfamart Perumnas Mandala Medan sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden. Pendekatan dan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, uji parsial dan uji simultan dengan menggunakan Softwere SPSS for windowsversi 20.
Berdasarkanhasil penelitian diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = 2, 063 + 0,110 X1 + 0,240 X2. Nilai α yaitu 2,063, artinya semua variabel bebas yaitu harga dan kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang positif terhadap variabel terikatnya yaitu kepuasan konsumen. Dari hasil perhitungan Uji t (parsial) harga (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan nilai thitung = 2,308 > ttabel =1.660 dengan signifikan sebesar 0,001,< 0.05. Variabel kualitas pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan nilai thitung = 4,017 > ttabel =1.660 dengan signifikan sebesar 0,000,< 0.05. Secara simultan, variabel harga (X1) dan kualitas pelayanan (X2) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan Fhitung = 24, 987> Ftabel = 3.09 dengan nilai signifikansi 0,000 < dari 0,05. Dari hasil determinasi (R2) diperoleh nilai R2 = 42.1 % variabel kepuasan konsumen (Y) dipengaruhi harga dan kualitas pelayanan, sedangkan sisanya 57,9 % dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Collections
- LP - Report Research [230]