PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA N 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA N 8 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan Kuantitaif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS-1 dan X IPS-3 yang berjumlah 72 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas dan Analisis Regresi Linear Sederhana. Dari perhitungan hipotesis penelitian menunjukkan bahwa : model STAD berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar, yang ditunjukkan dengan nilai perolehan yang menunjukkan bahwa nilai t_hitung > 〖 t〗_tabel yaitu (8,752 > 1,689) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05).
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]