Show simple item record

dc.contributor.authorTampubolon, Christina Asnita Debora
dc.date.accessioned2020-04-22T07:24:18Z
dc.date.available2020-04-22T07:24:18Z
dc.date.issued2020-03
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3752
dc.descriptionThis study aims to determine the effect of the Discovery Learning Cooperative Learning Model on the Activities and Learning Outcomes of Class XI Students in Economic Subjects in Medan 19 High Schools in Academic Year 2019/2020. This type of research is experimental research. The population in this study were students of Class XI social Sciences SMA Negeri 19 Medan Academic Year 2019/2020, totaling 84 students with the sample collection technique used was total sampling. The analytical method used in this study is the Normality Test, Homogeneity Test, Linear Regression Analysis, Hypothesis Test. The results showed that Learning Model Type of Discovery Learning has a positive and significant effect on Activities and Learning Outcomes. In the activity indicated by the acquisition value which indicates that the value of t_hitung > 〖 t〗_tabel is (2,078 >1,68385) and the significance value (0.045 <0.05). The Learning Outcomes indicated by the acquisition value which indicates that the value of t_hitung > 〖 t〗_tabel is (2,183 >1,68385) and the significance value (0.035 <0.05).en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Discovery Learning Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 19 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas Kelas XI IPS SMA Negeri 19 Medan Tahun Ajaran 2019/2020, yang berjumlah 84 orang siswa dengan teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah total sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Analisis Regresi Linier, Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Tipe Discovery Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar. Pada aktivitas yang ditunjukkan dengan nilai perolehan yang menunjukkan bahwa nilai t_hitung > 〖 t〗_tabel yaitu (2,078 >1,68385) dan nilai signifikansi (0,045 < 0,05). Dan pada Hasil Belajar yang ditunjukkan dengan nilai perolehan yang menunjukkan bahwa nilai t_hitung > 〖 t〗_tabel yaitu (2,183 >1,68385) dan nilai signifikansi (0,035 < 0,05).en_US
dc.publisherUniversitas HKBP Nommensen Medanen_US
dc.subjectModel Discovery Learningen_US
dc.subjectAktivitasen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Discovery Learning Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 19 Medan Tahun Ajaran 2019/2020en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record