Penggunaan Program Matlab untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Pada Kuliah Metode Numerik di Prodi Pendidikan Matematika Universitas HKBP Nommensen Medan Tahun Ajaran 2014/2015
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan program MATLAB untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar pada kuliah metode numerik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Matematika Semester VIII pada tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri atas grup/kelas A,B, dan C. Sampel yang digunakan terdiri atas 50 orang yang dibagi menjadi dua kelompok dengan rincian kelompok A (yang diajar dengan menggunakan program MATLAB) berjumlah 25 orang dan kelompok B (yang diajar dengan media/pembelajaran konvensional) berjumlah 25 orang. Teknik yang digunakan adalah random sampling yakni mengambil sampel secara acak dari grup/kelas yang terdapat di Program Studi Pendidikan Matematika. Dari hasil penelitian, rata-rata hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen adalah pada pre-test sebesar 62,15 dan post-test sebesar 76,50 sedangkan rata-rata hasil belajar mahasiswa kelas kontrol adalah pada pre-test 61.63 dan post-test sebesar 71,68.
Collections
- LP - Report Research [230]