Show simple item record

dc.contributor.authorHarefa, Terimakasih
dc.date.accessioned2018-03-13T06:35:10Z
dc.date.available2018-03-13T06:35:10Z
dc.date.issued2015-08-22
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/368
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan metode observasi, diskusi dan presentasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok cahaya dikelas VIII SMP N 10 Medan T.P 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 10 Medan T.P 2014/2015.yang terdiri dari 11 kelas dan kelas yang menjadi sampel penelitian adalah VIIID dan VIIIH. Berdasarkan hasil pretest dimana kelas VIIIH lebih rendah nilainya dibanding kelas VIIID maka kelas VIIIH menjadi kelas eksperimen dan kelas VIIID menjadi kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes belajar sebanyak 20 soal dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 option , yang telah divalidkan oleh guru bidang studi fisika. Sebelum perlakuan pembelajaran, kedua kelas diberi pretes untuk uji kesamaan kemampuan awal siswa Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksprimen 28,08 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 28,83. Sebelum di uji dengan uji t (uji rata-rata dua pihak), dilakukan uji prasyarat yang menyatakan bahwa populasi berdistribusi normal dan homogen. Perhitungan uji t diperoleh t hitung = dan t tabel = 2,006 pada taraf signifikan 0.05. Ini berarti tidak ada perbedaan kemampuan awal kedua kelas. Setelah dilakukan pembelajaran dengan perlakuan yang berbeda diperoleh nilai rata-rata postes siswa kelas eksprimen adalah 74,23 sedangkan nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 70,17. Uji prasyrat menyatakan bahwa populasi berdistribusi normal dan homogen. Setelah itu Uji Hipotesis penilitian dilakukan dengan menggunakan uji t (uji rata-rata satu pihak). Dari hasil perhitungan diperoleh t hitung = dan t tabel = 1,673 sehingga diperoleh nilai thitung > ttabel yakni 1,793 > 1,673 pada α = 0.05 Dengan kata lain, hasil pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan metode observasi, diskusi dan presentasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok cahaya dikelas VIII SMP N 10 Medan T.P 2014/2015.en_US
dc.subjectdiscovery learningen_US
dc.subjectcahaya dan hasil belajaren_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE OBSERVASI, DISKUSI DAN PRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SMP N 10 MEDAN T.A 2014/2015en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record