Pengaruh Media Pembelajaran Kartun Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Usaha dan Energi di Kelas VIII SMP Negeri 32 Medan.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kartun Fisika terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas VIII SMP Negeri 32 Medan, dan aktivitas belajar siswa selama pelaksanaan media pembelajaran Kartun Fisika pada materi pokok usaha dan energi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 32 Medan T.A 2013/2014 sebanyak 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran kartun Fisika yang berjumlah 25 orang dan kelas VIII-1sebagai kelas pembanding dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yang berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer.
Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretes dan postes untuk masing-masing kelompok sampel memiliki sebaran data yang normal yang telah diuji dengan menggunakan uji Liliefors. Selanjutnya data postes untuk kedua sampel memiliki varians yang homogen dengan menggunakan uji F. Uji Hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan uji t (uji rata-rata satu pihak). Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 4,096 hasil ini dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikan α = 0,05, dengan dk = 48 yaitu ttabel = 1.672, thitung > ttabel maka hasil hipotesis Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan media pembelajaran kartun Fisika terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas VIII semester II SMP Negeri 32 Medan T.A 2013/2014. Adapun persamaan regresinya adalah Y ̂=30,958 + 0,646X. Pada persamaan tersebut koefisien arah regresi linear (b) = 0,646 bertanda positif artinya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fisika pada materi pokok usaha dan energi akan meningkat dengan pengaruh media kartun Fisika sebesar 0,646.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]