Pengaruh Status SosialEkonomi Orang Tua Dan Lingkungan SekolahTerhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas IX SMP Swasta Imelda Medan T.A 2019/2020
Abstract
Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Lingkungan Sekolah
Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas IX SMP Swasta Imelda Medan T.A 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Imelda Medan di Jalan Bilal No. 24, Pulo Brayan Darat 1, Kec. Medan Timur, Kota Medan Prov. Sumatera Utara pada semester ganjil di kelas IX. Populasi sebagian siswa kelas IX pada mata pelajaran Ekonomi di SMP Swasta Imelda Medan dengan jumlah 120 orang.Teknik pengambilan sampel adalah Random (secara acak). (total sebagian sampel dan populasi berbeda) terdiri dari 4 kelas yaitu sebanyak 60 siswa. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan instrumen angket tertutup sebanyak 25 soal setiap variabel bebas, yang sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dimana r 32%.Uji hipotesis secara parsial (Uji t) untuk variabel status sosial ekonomi orang tua (X1) diperoleh thitung>ttabe l(9,922 > 2,002) dan nilai signifikan α = (0,000 ˂ 0,05) dan variabel lingkungan sekolah (X2) diperoleh nilaithitung>tabel ( 4,118 >2,002) dan nilai signifikan α (0,000 ˂ 0,05). Berdasarkan uji simultan diperoleh nilai Fhitung>Ftabel (59,029 > 3,15) dan nilai signifikan α = (0,000 ˂ 0,05), artinya ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel variabel bebas status sosial ekonomi orang tua (X1) dan lingkungan sekolah (X2) terhadap variabel terika tprestasi belajar (Y) ekonomi siswa kelas IX SMP Swasta Imelda Medan T.A 2019/2020 dan artinya bahwa hipotesis pertama, kedua, dan ketiga diterima.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]