Show simple item record

dc.contributor.authorManalu, Priandi
dc.date.accessioned2019-12-09T04:50:29Z
dc.date.available2019-12-09T04:50:29Z
dc.date.issued2019-09-14
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3571
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Reciprocal Teaching (Pengajaran Timbal Balik) Terhadap Kemampuan Menulis Surat Dinas Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sidamanik Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sidamanik Tahun Pembelajaran 2019/2020.yang terdiri dari 9 kelas dengan keseluruhan jumlah populasi kelas VII yaitu 288 siswa. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 64 siswa dengan total dua kelas yang dipilih secara cluster sampling yaitu kelas VII-I dan kelas VII-j. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah berupa test essay penugasan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas menggunakan uji “F”, uji Homogenitas dan menggunakan uji “t”. Hipotesis dalam penelitian ini di uji dengan uji “t” pada taraf siginifikan α = 0,05. Dari data perhitungan thitung > ttabel = 6,68 > 1,9993. Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa model Reciprocal Teaching berpengaruh terhadap Menulis Surat Dinas di Kelas VII SMP Negeri 1 Sidamanik Tahun Pembelajaran 2019/2020.en_US
dc.subjectmodel pembelajaran reciprocal teaching,en_US
dc.subjectMenulis Surat Dinasen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS SURAT DINAS DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SIDAMANIK TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record